Diera digital yang serba modern, dan canggih, selalu saja terjadi peningkatan pelayanan kepada konsumen dengan berbasis elektronik, baik itu pelayanan transaksi pembelian, pemesanan (order), pembayaran ke berbagai reseller di market place, dropshiping, marchant, toko-toko online lainya dan berbagai bisnis bisnis online lainya, kesemua transaksi pembayaran nya bisa dilakukan terpadu satu pintu dengan berbasis elektronik atau disebut dengan e-Payment gateway. Penelitian ini dilakuan pada warga dilingkungan tempat tinggal penulis (ada warga anak sekolah SMP & SMA, ada warga MHS dan warga ibu - ibu pekerja rumah tangga dan warga ibu/bapak pekerja kantot/karyawan) yang menggunakan gadget (HP Android) dan suka belanja online. Ada apa dengan transaksi konvensional sehingga ditinggalkan oleh masyarakat atau warga (Customer), terutama sekali sudah tidak up to date dengan zaman nya. Kendala selanjutnya kondisi pandemi, memaksa semua pelayanan Customer dengan berbasis elektronik untuk menghindari taransaksi tatap muka. Metode yang digunakan dalam perancangan proses bisnis system peningkatan pelayanan dengan berbasis elektronik yaitu dengan memanfaatkan Unified Modelling Language, selain itu menggunakan kaidah paradigma Prototype. Hasil berupa Rancangan system peningkatan pelayanan Customer dengan pembayaran berbasis elektronik yang mampu melayani seluruh transaksi pembayaran, untuk semua jenis order yang dilakukan Customer ke berbagai reseller market place, selagi saldo mencukupi, dan terkoneksi keinternet (quota internet tersedia). Bila saldo tidak mencukupi harus melakukan top up saldo terlebih dulu.
Copyrights © 2022