Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 3 No. 2 (2022): Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Menggunakan Hand Tools

Asri Maulidi (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Nurcholish Arifin Handoyono (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Samidjo Samidjo (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis video tutorial menggunakan hand tools kelas X (TKRO) SMK Ma’arif 1 Wates dan mengetahui kelayakannya. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X jurusan otomotif dengan program keahlian TKRO. Instrumen pengumpulan data yang dipakai adalah angket, teknik analisis data memakai deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian ahli materi mendapat rerata presentase 84,50%, kategori Sangat Baik (SB). Hasil validasi ahli media mendapatkan rerata presentase 95,50%, kategori Sangat Baik (SB). Sedangkan uji coba dilakukan terhadap kelompok kecil dan besar. Uji coba kelompok kecil mendapatkan rerata presentase 89,50%, kategori Sangat Baik (SB) serta uji coba kelompok besar 87,25%, kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan hasil data para ahli dan uji coba media maka media ini dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edukasia

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran has two versions, namely print and online, all of which are registered with the ISSN established by the Indonesian Institute of Sciences (LIPI) e-ISSN 2721-1169 (online) and ISSN 2721-1150 (print). Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran is a medium ...