Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Supermarket Papaya Fresh Gallery Bali Tahun 2020, (2) Pengaruh Loyalitas Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Supermarket Papaya Fresh Gallery Bali Tahun 2020, dan(3) Pengaruh Relationship Marketing dan Loyalitas Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Supermarket Papaya Fresh Gallery Bali Tahun 2020. Berdasarkan hasil analisis data dengan analisis korelasi product moment, diperoleh hasil X1 (Relationship Marketing) dengan Y (KepuasanPelanggan) sebesarryx=0,477dan hasil analisis X2 (LoyalitasKaryawan) dengan Y (Kepuasan Pelanggan) diperoleh sebesar rxy = 0,399. Berdasarkan koefisien korelasi tersebut, maka nilai rxy yang diperoleh dalam penelitian ini telah melebihi angka batas penolakan Hipotesis Nol (Ho) yaitu 0,300, jadi rxy adalah signifikan dengan taraf 10% dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima yang menyatakan bahwa (1) “Ada Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Supermarket Papaya Fresh Gallery Bali Tahun 2020”, (2) “Ada Pengaruh Loyalitas Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Supermarket papaya Fresh Gallery Bali Tahun 2020”.Sedangkan hasil analisis regresi diperoleh hasil Ry(1,2) sebesar 0,555 dan Ry2(1,2) sebesar 0,308.
Copyrights © 2021