re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management)
Vol. 5 No. 1 (2022)

IMPLEMENTASI SUPERVISI DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI MA AZ-ZUBAIR TLANAKAN PAMEKASAN

Abd. Halik (IAIN Madura)
Ali Nurhadi (MPI IAIN Madura)
Badrus Soleh (MPI IAIN Madura)
David Adi Kurniawan (MPI IAIN Madura)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Supervisi atau pengawasan dilaksanakan sebagai usaha dalam memastikan bahwa seluruh kegiatan berjalan sebagaimana mestinya sekaligus sebagai antisipasi ketika ada persoalan yang perlu ditindak lanjuti dengan serius. Dalam lembaga pendidikan sepervisi sebagai kontrol utama bagi kepala madrasah dalam memastikan kegiatan berjalan dengan lancar menyesuaikan dengan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian ke MA Az-Zubair Tlanakan Pamekasan tentang implementasi supervisi dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan yang terdiri dari tiga fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana implementasi supervisi dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di MA Az-Zubair Tlanakan Pamekasan; 2) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di MA Az-Zubair Tlanakan Pamekasan; 3) Bagaimana dampak atau implikasi supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di MA Az-Zubair Tlanakan Pamekasan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

re-jiem

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) is a peer-reviewed journal on Islamic education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal is published twice a year (June and December). The editors welcome scholars, researchers and ...