The Teacher of Civilization: Islamic Education Journal
Vol 1, No 1 (2020): Volume 1 No, 1 Maret 2020

Implementasi Kantin Kejujuran Dalam Melatih Karakter Jujur Peserta Didik di SMA Negeri 6 Manado

Rivai Bolotio (IAIN Manado)
Abrari Ilham (IAIN Manado)
Ondang Indah Mihratti (IAIN Manado)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Artikel ini merupakan hasil penelitian yang membahas tentang Implementasi Kantin Kejujuran Dalam Melatih Karakter Jujur Peserta Didik Di SMA Negeri 6 Manado. Kantin kejujuran adalah salah satu program pemerintah dalam memberikan pendidikan kejujuran dan sebagai media dalam melatih kejujuran. Tujuan dari program kantin kejujuran yaitu agar peserta didik dapat melatih kararter jujur sehingga terbiasa untuk berbuat jujur. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana konsep kantin kejujuran di SMA Negeri 6 Manado, (2) Bagaimana model kantin kejujuran di SMA Negeri 6 Manado, (3) Bagaimana Implementasi kantin kejujuran dalam melatih karakter jujur peserta didik di SMA Negeri 6 Manado. Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kantin kejujuran merupakan upaya sekolah dalam melatih dan membiasakan karakter jujur peserta didik di SMA Negeri 6 Manado, krisis dalam hal kejujuran melatar belakangi berdirinya kantin kejujuran di SMA Negeri 6 Manado. (1) Kantin kejujuran di SMA Negeri 6 Manado memuat konsep pendidikan nilai kejujuran, yang menekan pada pembiasaan karakter jujur peserta didik dengan konsep kantin tanpa penjaga. (2) Model kantin kejujuran di SMA Negeri 6 Manado di kategorikan dalam model setting ruangan, model perancangan variasi menu makanan dan minuman, model penjualan, model evaluasi, dan model tindakan sanksi, pada model-model tersebut ada yang mengalami kekurangan, yaitu terdapat pada model setting ruangan yang terkait dengan sarana prasarana, dan pada model variasi makanan yang kurang variatif. (3) Berdasarkan hasil penelitian terkait implementasi kantin kejujuran dalam melatih karakter jujur peserta didik di SMA Negeri 6 Manado di nilai belum sepenuhnya berhasil karena kantin kejujuran di SMA Negeri 6 Manado masih mengalami kerugian karenanya hal itu mengindikasikan bahwa masih ada peserta didik yang tidak jujur dalam berteransaksi di kantin kejujuran, di samping itu dalam pengelolaan kantin kejujuran di nilai belum cukup baik karena di dapati dari segi pengeloaan ruangan dan sarana prasarana yang dapat mendukung kantin kejujuran belum memenuhi standar kantin kejujuran yang ideal.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpai

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Islam yang diterbitkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan Islam terutama kaitannya dengan keadaan masyarakat multikultural di Sulawesi Utara khususnya ...