Movement and Education
Vol. 2 No. 1 (2021)

Pendekatan Psikososial, Intervensi Fisik, Dan Perilaku Kognitif Dalam Desain Pembelajaran Pendidikan Jasmani Bagi Anak Dengan Retardasi Mental

Kusmiyati Kusmiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2021

Abstract

Abstrak Artikel ini merupakan sebuah tulisan yang mencoba membahas tentang: (1) pengertian anak retardasi mental, (2) kharakteristik anak retardasi mental, (3) kendala-kendala anak retardasi mental, serta (4) pendekatan pembelajaran yang dapat diaplikasikan untuk anak retardasi mental agar menjadi anak yang mandiri dalam hidupnya serta mampu bersosialisasi dan bermasyarakat. Retardasi mental atau keterbelakangan mental menunjuk pada penejelasan khusus kepada anak-anak yang memiliki tingkat intelegensi di bawah rata-rata. Terdapat beberapa istilah lain dari retardasi mental ini, seperti: mentally retarded, mental defective, dan lain sebagainya. Retadasi mental terjadi ditandai dengan adanya keterbelakangan mental yang dibawah rata-rata. Hal ini timbul selama periode pertumbuhan dan perkembangan anak sejak masih dalam kandungan. Keterbelakangan mental juga terjadi karena kelemahan dalam proses adaptasi dengan lingkungan selama masa tumbuh kembang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mae

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Movement and Education is a national scientific journal with E-ISSN 2808-5205 and published by the Physical Education Study Program, Health and Recreation, Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Focus and Scope: Physical education, sport, health, and ...