Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3 No 1 (2015): PEDAGOGIK : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

Fery Muhamad Firdaus (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2015

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sangatlah rendah, siswa masih kebingungan dalam mengerjakan dan menyelesaikan soal cerita mengenai pecahan. Akar permasalahan pada pembelajaran pola bilangan ini yaitu dari aspek guru yang kurang mampu membuat desain pembelajaran yang bermakna dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Oleh karena itu, penulis mencoba mencari alternatif pemecahan masalah matematis dengan menggunakan pembelajaran matematika realistik (PMR) sebagai terobosan baru dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran pecahan di kelas V sekolah dasar. Pembelajaran matematika realistik merupakan suatu desain pembelajaran yang memberi kesempatan siswa untuk terlibat secara aktif pada saat proses pembelajaran dan memberikan kontribusi yang besar dengan cara melakukan proses matematisasi dan pembuatan model untuk masalah-masalah kontekstual yang dipelajari.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), PTK ini merupakan suatu upaya yang dilakukan para praktisi pendidikan dalam rangka memperbaiki praktek pendidikan dan pembelajaran di kelas, serta diharapkan melalui PTK ini dapat meminimalisir masalah yang muncul pada saat praktek pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas V SDN Nangela semester II tahun ajaran 2013- 2014. Hasil penelitian ini telah diperoleh penemuan bahwa terjadinya peningkatanpeningkatan mengenai hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tentang konsep pecahan di kelas V sekolah dasar, sehingga dapat disimpulkan penggunaan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengenai konsep pecahan. Oleh karena itu penulis merekomendasikan penggunaan pembelajaran matematika realistik kepada para guru sebagai salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengenai konsep pecahan di sekolah dasar

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Pedagogik Berisi tulisan tentang pendidikan dasar yang berkaitan dengan : Teori dan praktek pembelajaran serta gagasan konseptual, Bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar, Hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah ...