Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan

Perencanaan Srategik dalam Menghasilkan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah Yayasan Pendidikan Kuantan Mudik Lubuk Jambi

IRFAN MOHD FAUZI (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
UMAR FARUQ (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Perencanaan Srategik dalam Menghasilkan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah Yayasan Pendidikan Kuantan Mudik Lubuk Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru, sedangkan objeknya adalah perencanaan srategik dalam menghasilkan mutu lulusan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan transkip, pengkodean dan kategorisasi serta interpretasi data. Hasil dari penelitian ini adalah a) perencanaan, dalam merumuskan perencanaan strategik hendaknya diawali dengan menentukan tujuan yang ingin dicapainya, sebab dalam perumusan sebuah perencanaan tidak akan berjalan baik tanpa didasari dengan tujuan yang jelas. Perumusan rencana strategik harus berdasarkan pada tujuan lembaga pendidikannya, agar setiap program dari perencanaan strategik dapat terlaksana dengan efektif dan efesien. b) pengorganisasian,dalam pengorganisasian perencanaan strategik, kepala sekolah membuat semua pihak untuk ikut terlibat pada rencana startegik dalam menghasilkan mutu lulusan. Kepala sekolah mengelompokan guru berdasarkan keahlian atau bidang studi yang di ampuhnya untuk saling bekerjasama dalam menghasilkan lulusan yang bermutu baik dari segi akademik maupun non akademik. c) pelaksanaan, dalam pelaksanaan perencanaan strategik, setiap tenaga pendidik berupaya menjalankan tugasnya untuk memberikan kemampuan terbaik dalam penggunaan berbagai macam pembaharuan metodologi pengajaran dan melengkapi perangkat pembelajaran. Aspek tersebut merupakan salah satu upaya dalam membangun motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dikelas sehingga mutu lulusan dapat tercapai. d) pengawasan, dalam pengawasan perencanaan strategik, kepala madrasah harus bersifat objektif dalam melakukan penilaian terhadap semua kalangan. Kepala madrasah bersama anggota organisasi melakukan evaluasi kinerja selama setiap bulan untuk meningkatkan efesiensi untuk mencari kelemahan yang dihadapi serta memberikan solusi dari permasalahan tersebut. Penilaian yang dilakukan oleh kepala madrasah dan dicatat dalam sebuah buku khusus, yaitu  buku evaluasi kinerja.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JAPKP

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Admnistrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, merupakan media komunikasi ilmiah antar peminat ilmu Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan yang terdiri dari dosen, ...