Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
Vol 3, No 1 (2022): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan

Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Asertif Training untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa

Mel Ulfa Shohila (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Riswani Riswani (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
06 May 2022

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui kecerdasan emosional siswa sebelum dan sesudah diberikan pelayanan bimbingan kelompok. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen the one group pre test dan post test design.. Populasi Penelitian ini seluruh siswa kelas IX IPS SMA  Negeri 7 Pekanbaru sebanyak 144 siswa namun penelitian ini dilakukan secara sampel kepada 10 siswa yang memiliki Kecerdasan Emosional yang rendah. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner tes, dan dokumentasi. Uji Validitas data menggunakan SPSS For Windows Release 17.00. adapun untuk Analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah Uji Wilcoxon’s, karena datanya berskala ordinal (berjenjang) dan tidak harus berdistribusi normal. Hasil penelitian ini menunjukan bahawa kecerdasan emosional siswa sebelum diberikan bimbingan kelompok dengan teknik Asertif training berada dikategori sedang dengan rata-rata berada pada kategori Low Average (dibawah rata-rata) dengan rata-rata 81,8 dan setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik Asertif Training kecerdasan emosional mengalami peningkatan berada pada kategori High Average (diatas rata-rata) dengan rata-rata 115,8, maka dapat dikatakan adanya perbedaan Pre-test dan Post-test. Jadi dapat disimpulkan bimbingan kelompok dengan teknik asertif training efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa yang dilihat dari angka probalita Asyimp. Sig (2-tailed) 0.005<0.05 sehingga Ha diterima.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JAPKP

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Admnistrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, merupakan media komunikasi ilmiah antar peminat ilmu Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan yang terdiri dari dosen, ...