Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2021): JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)

PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MEDIA DARING SOLUSI PANDEMI COVID-19

Sutarini, Wariyati (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2022

Abstract

SMK DR. Cipto Mangunkusumo Kabupaten Simalungun, saat in masuk dalam zona oranye dengan risiko sedang. Hal ini menyebabkan seluruh lembaga pendidikan di wilayah Kabupaten Simalungun dilarang melakukan proses pembelajaran tatap muka. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan media daring yang digunakan selama pandemi covid-19, dan mengevaluasi langkah perbaikan media pembelajaran daring untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di SMK DR Cipto Mangunkusumo Perdagangan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan beberapa tahapan diantaranya, tahap pralapangan (adaptasi dan pengumpulan data awal); tahap kegiatan lapangan (observasi, wawancara, dokumentasi); tahap pengumpulan data; tahap analisis data; dan pelaporan hasil penelitian. Dari data yang diperoleh, bahwa media daring yang paling diminati siswa adalah: google classroom (49%), whatsapp group (31%), dan messenger (20%). Media yang digunakan dalam pembelajaran daring di SMK Dr. Cipto Mangunkusumo dinilai sangat efektif oleh 11 siswa (31%), efektif (9 siswa atau 26%), kurang efektif (10 siswa atau 29%), tidak efektif (5 siswa atau 14%). Evaluasi perbaikan untuk memaksimalkan tingkat keefektifan pembelajaran secara daring dapat dilakukan dengan platform digital yang lebih luas, misalnya seperti youtube, instagram, zoom, dan lain sebagainya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIP

Publisher

Subject

Education

Description

IP adalah jurnal penelitian akses terbuka berkualitas tinggi yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Muslim Universitas Nusantara Al Washliyah (LP2M-UMNAW). JIP menerima artikel penelitian yang ditulis oleh peneliti, guru, siswa, akademisi, profesional, dan ...