Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi)
Vol 1 No 1 (2018)

Pendidikan Sebagai Proses Humanisasi (Studi Tentang Pendidikan Humaniora di SMA Seminari Menengah Mertoyudan Magelang, Jawa Tengah)

Antonius Ary Setyawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2018

Abstract

Pendidikan merupakan proses membentuk manusia menjadi semakin manusiawi. Secara hakiki pendidikan adalah suatu perbuatan fundamental dalam bentuk komunikasi antar pribadi. Dalam komunikasi inilah proses pemanusiawian manusia terjadi dan proses ini sering disebut dengan humanisasi. Karena ideologi positivisme Barat dan sistem pendidikan kolonial yang terarah pada profesi teknologis, pendidikan humaniora tidak serta merta dipandang vital. Respek terhadap pendidikan humaniora ternyata juga secara tidak langsung masuk dalam agenda besar pola dasar pendidikan seminari. Terjadi berbagai tarik ulur untuk menjadikan pendidikan humaniora sebagai bagian penting dari keseluruhan pendidikan seminari. Alasannya jelas, hasil-hasil pendidikan humaniora tidak dapat dilihat secara langsung secara numerik. Kesadaran akan arti penting pendidikan humaniora muncul atas dasar asumsi bahwa pendidikan humaniora merupakan sarana yang tepat untuk mengembangkan aspek kemanusiaan seseorang. Lewat pendidikan humaniora para seminaris (calon pastor yang sedang menjalani pendidikan setingkat SMA) diharapkan semakin matang dalam mengusahakan pendidikan sebagai seorang pemimpin rohani, pendoa, pelayan, nabi, dan misionaris. Pendidikan nilai-nilai kemanusiawian menjadi perimbangan yang signifikan sebagai pendidikan integral. Pendidikan humaniora menyentuh sisi integral pribadi manusia, bukan sekedar terbatas pada kemampuan intelektual atau emosional belaka. Pendidikan humaniora memungkinkan pembentukan karakter pribadi yang seimbang, teratur, matang, dan mendalam.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnal-hummansi

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi) adalah jurnal berskala nasional yang mencakup kajian ilmu humaniora, manajemen dan akuntansi. Berdasarkan SK Ketua STIKOM Yos Sudarso No.18/STIKOM-YOS/KP/VI/2018 dan Surat Kepala Pusat Nasional ISSN PDII LIPI No. 0005.26231069/Jl.3.1/SK.ISSN/2018.09 ...