ADILLA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari'ah
Vol 1 No 1 (2018): Januari

Pengetahuan Konsumen Terhadap Ib Hasanah Card Bank Bni Syariah Cabang Surabaya

Akmalur Rijal (Universitas Islam Darul Ulum Lamongan)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2018

Abstract

Faktor-faktor yang mempengaruhi untuk mengambil keputusan dalam menetapkan pilihan pada produk sebagai keputusannya itu dapat menggunakan model perilaku konsumen untuk mengamati fenomena tersebut. Hal ini memungkinkan karena model perilaku konsumen bersifat universal untuk semua bentuk dan jenis industri, termasuk perbankan syariah. Bank BNI Syariah menetapkan target untuk produk kartu Hasanah Card di tahun 2012 sebanyak kurang lebih 100 ribu pengguna, untuk mencapai ini harus adanya minat dari konsumen untuk menggunakan kartu Hasanah Card. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan calon konsumen terhadap produk kartu pembiayaan syariah iB Hasanah Card Bank BNI Syaraiah di Surabaya dan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan calon konsumen terhadap minat kepada iB Hasanah Card Bank BNI Syariah di Surabaya. Penelitian ini dilakukan di Bank BNI Syariah Cabang Surabaya Dharmawangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini adalah 1) Tingkat pengetahuan calon konsumen terhadap produk iB hasanah card di bank BNI Syariah Surabaya Dharmawangsa masih kurang maksimal. Dengan tiga indikator yaitu a) Pengetahuan produk b) Pengetahuan pembelian c) Pengetahuan pemakaian. Dari ketiga indikator tersebut di setiap indikator menghasilkan hasil yang kurang maksimal tingkat pengetahuannya. Pengetahuan terhadap akad dari iB hasanah Card terbagi menjadi 3 yaitu mengetahui, kurang mengetahui dan tidak mengetahui tentang akad dari iB hasanah card. 2)Pengetahuan konsumen sejalan dengan minat terhadap produk iB hasanah card di bank BNI Syariah Surabaya Dharmawangsa. Karena pengetahuan yang kecil atau sedikit maka sedikit atau kecil pula minat konsumen kepada produk iB hasanah card.

Copyrights © 2018