Muhammadiyah Journal of Midwifery (MyJM)
Vol 3, No 1 (2022): Muhammadiyah Journal of Midwifery (MYJM)

Gambaran Tingkat Pengetahuan dan Sikap Pencegahan Terjadinya Fluor albus Pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta

Elsa Nadia Wahyuningsih (Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia)
Adinta Anandani (Departemen Mikrobiologi-Parasitologi Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Latar Belakang: Fluor albus merupakan salah satu gejala yang sering dialami oleh wanita. Sebanyak 75 % wanita pernah mengalami fluor albus di Indonesia. Tingkat pengetahuan dan sikap pencegahan terjadinya fluor albus dapat menjadi faktor meningkatnya angka kejadian fluor albus. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah diketahui gambaran tingkat pengetahuan dan sikap pencegahan terjadinya fluor albus pada mahasiswi angkatan 2020-2021 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta. Metode: Jenis penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling. Subjek penelitian ini berjumlah 183 mahasiswi angkatan 2020-2021 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta. Alat pengumpul data menggunakan kuesioner pernyataan pengetahuan dan sikap. Pengumpulan data dilakukan secara online. Analisis data dilakukan secara univariat. Hasil: Berdasarkan penelitian ini, didapatkan hasil sebanyak 159 responden (86,9 %) dengan tingkat pengetahuan baik, 23 responden (12,6%) dengan tingkat pengetahuan cukup, dan sebanyak 1 responden (0,5%) dengan tingkat pengetahuan kurang baik. Pada variabel sikap, didapatkan hasil sebanyak 181 responden (98,9 %) dengan sikap positif dan 2 responden (1,1 %) dengan sikap negatif. Simpulan: Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pengetahuan dan sikap responden terhadap fluor albus sebagian besar tergolong baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MyJM

Publisher

Subject

Health Professions Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

MUHAMMADIYAH JOURNAL OF MIDWIFERY (MyJM) adalah jurnal ilmiah resmi yang diterbitkan secara rutin oleh Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta. MyJM terbit dua kali dalam setahun, yaitu bulan Juni dan Desember. Ruang lingkup jurnal ini meliputi kesehatan ibu dan anak, ...