Taklim : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 14, No 2 (2016)

Studi Model Pembelajaran Targhib-Tarhib dalam Perkuliahan PAI untuk Pembinaan Karakter Anti Korupsi Pada Mahasiswa

Munawar Rahmat (Universitas Pendidikan Indonesia)
Momod Abdul Somad (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2016

Abstract

AbstrakFenomena korupsi di negeri ini sudah sedemikian parah. Korupsi dengan kuantitas dan kualitas yang lebih tinggi melanda hampir seluruh lapisan masyarakat. Bukan hanya dilakukan oleh para birokrat, para pejabat, anggota DPR-DPRD, dan pengusaha saja tapi dilakukan juga oleh para PNS muda sekalipun, Beberapa pengamat politik, ekonomi, dan hukum di televisi dan di harian-harian ibu kota  mengungkapkan bahwa para koruptor muda dewasa ini lebih berani dan lebih rakus dalam melakukan korupsinya. Untuk memperkuat anti korupsi di kalangan mahasiswa perlu diimplementasikan model pembelajaran karakter yang lebih menekankan pentingnya berbuat anti korupsi. Studi terdahulu membuktikan bahwa model pembelajaran targhib-tarhib dalam kuliah PAI cukup efektif dalam meningkatkan kesadaran mahasiswa dalam menjalankan perintah-perintah Allah serta menjauhi larangan-laranganNya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran targhib-tarhib dalam perkuliahan PAI untuk pembinaan anti korupsi di kalangan mahasiswa UPI. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Classroom Action Research (penelitian tindakan kelas). Langkah-langkah yang dilakukan, pertama, mengembangkan desain model pembelajaran (model targhib-tarhib); dan kedua, menguji efektivitas model melalui PTK. Penelitian menemukan bahwa model pembelajaran targhib-tarhib dalam perkuliahan PAI terbukti berhasil meningkatkan anti korupsi di kalangan mahasiswa. Kata kunci:        Model pembelajaran PAI, targhib, tarhib, pembinaan karakter, perkuliahan anti korupsi

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

taklim

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Articles to be received and published in the Journal of TAKLIM are included in the scope of Islamic Education. The areas listed below are indicative only. The editorial board also welcomes innovative articles in the scope of Islamic ...