Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Vol 5 No 2 (2022): Jurnal PENKOMI Kajian Pendidikan dan Ekonomi

PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTUMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KECEMATAN BOLO KABUPATEN BIMA)

nafidal Ulhab (STIE Bima)
Amirul Mukminin (STIE Bima)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Asosiatif. Yaitu melihat hubungan antara pengaruh online customer review dan online custumer rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace shopee baik secara parsial maupun simultan. Jumlah sampel yang digunakan adalah 96 orang, dengan Tehnik sampling yang digunakan adalah insidental sampling. Setelah dilakukan uji validitas, maka semua instrument tersebut valid dan reliabilitas. Dari analisis yang dilakukan pada uji persial online customer review , diperoleh thitung sebesar 11.587> ttabel. Hal yang sama juga pada pengujian parsial online custumer rating, diperoleh thitung = 6.624 > ttabel maka secara parsial online customer review dan Online Customer Ranting berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Sementara secara simlutan, online customer review dan Online Customer Ranting juga mempengaruhi keputusan pembelian melalui marketplace Shopee pada masyarakat kecamatan Bolo Kabupaten Bima hal itu dilihat dari nilai Fhitung = 69.825 > Ftabel = 2,70.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan dan EKonomi (PenKoMi) merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Bima. Jurnal PenKoMi memuat artikel hasil penelitian dan hasil pemikiran di bidang pendidikan dan ekonomi, berisikan laporan hasil penelitian, hasil gagasan konseptual, dan critical review di bidang ...