Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Vol 5 No 2 (2022): Jurnal PENKOMI Kajian Pendidikan dan Ekonomi

ETIKA PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR IMIGRASI KELAS III KOTA BIMA

Akhyar Akhyar (STISIP MBOJO Bima)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui etika pelayanan ditinjau dari persepsi calon tenaga kerja Indonesia pada kantor imigrasi Kelas III Kota Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis data penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Informan penelitian yaitu calon Tenaga Kerja Indonesia dan pegawai Kantor Imigrasi Kelas III Kota Bima. Teknik pemilihan informan yakni secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi (triangulation). Teknik analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, display data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa etika pelayanan publik di Kantor Imigrasi kelas III Kota Bima ditunjukkan adanya sikap jujur, tanggung jawab, dan sikap disiplin pegawai dalam memberikan pelayanan kepada calon tenaga kerja Indonesia. Sikap jujur ditunjukkan dengan kemampuan untuk tidak menyalahgunakan wewenang dan transparansi dalam memberikan pelayanan. Sedangkan sikap tanggung jawab ditunjukkan dengan adanya ketepatan waktu dalam pelayanan dan menyadari kepentingan publik. Sementara sikap kedispilinan pegawai ditunjukkan dengan adanya ketaatan pada peraturan yang berlaku dan pelaksanaan tugas sesuai jam kerja.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan dan EKonomi (PenKoMi) merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Bima. Jurnal PenKoMi memuat artikel hasil penelitian dan hasil pemikiran di bidang pendidikan dan ekonomi, berisikan laporan hasil penelitian, hasil gagasan konseptual, dan critical review di bidang ...