JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran)
Vol 1, No 1 (2016): November

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRINSIP­PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN (SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN 1 SMK NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015)

Chomsah Choirotu H (Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS)
Tri Murwaningsih (Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS)
Andre Novie Rahmanto (Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2016

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuipeningkatan hasil belajar peserta didik kelas X AP 1 pada matapelajaran prinsip­prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran diSMK Negeri 1 Sukoharjo melalui penerapan model pembelajaran kooperatif metode make a match. Penelitian ini merupakanPenelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah gurumata pelajaran prinsip­prinsip penyelenggaraan administrasiperkantoran dan peserta didik kelas X AP 1 di SMK Negeri 1Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 36 peserta didik.Penelitian ini berkolaborasi dengan guru mata pelajaranprinsip­prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran, peneliti danpartisipasi aktif dari peserta didik. Teknik pengumpulan datadilakukan melalui empat teknik, yaitu: (1) observasi, (2) wawancara,(3) tes, dan (4) analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkanpeningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaranprinsip­prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran. Hal inidibuktikan pada siklus I dan siklus II bahwa hasil belajar peserta didikselalu meningkat. Rata­rata hasil belajar kognitif peserta didik padapra­tindakan (73,19), siklus I (83,19) dan siklus II meningkat menjadi(86,39) yaitu 58,3% peningkatannya. Sedangkan rata­rata hasil belajarpsikomorik peserta didik antar pra­tindakan (80,83), siklus I (80,33)dan siklus II meningkat menjadi 84,58 yaitu 8,34% peningkatannya.Ketuntasan hasil belajar kognitif dan psikomotorik peserta didik padakriteria tuntas dengan nilai rata­rata (>75%). Dan hasil belajar afektifsiklus I terjadi peningkatan rata­rata peserta didik terutama aspekkedisiplinan hingga pada siklus II terjadi peningkatan rata­rata sikappeserta didik dengan kriteria baik. Hal ini mengindikasikan bahwahasil belajar peserta didik selalu meningkat dari pra­tindakan, siklus Idan siklus II dan telah mencapai target ketuntasan yang diharapkan.Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran make a match pada mata pelajaran Prinsip­prinsip PenyelenggaraanAdministrasi Perkantoran dapat meningkatkan hasil belajar padapeserta didik kelas X AP 1 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) berisi artikel tentang hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang bidang komunikasi, administrasi perkantoran dan ...