Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 3 (2022): Oktober

E-LKPD Berbasis HOTS dengan Liveworksheet Materi Sistem Pernafasan Manusia

Komang Tri Yoga Pramana (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
Ndara Tanggu Renda (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
I Nyoman Laba Jayanta (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

Kegiatan pembelajaran saat ini lebih menekankan penghafalan sehingga siswa cenderung takut dan bingung ketika diberikan pertanyakan berbasis masalah oleh guru. Selain itu penggunaan media yang sangat minim menyebabkan siswa kurang antusias mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan E-LKPD Berbasis HOTS dengan liveworksheets untuk siswa kelas V. Jenis penelitian adalah pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian yaitu 2 ahli materi dan 2 ahli media pembelajaran. Subjek uji coba produk yaitu 2 guru dan 18 siswa. Metode pengumpulan data dengan non tes berupa kuesioner. Instrument yang digunakan yaitu rating scale. Teknik menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian yang dilakukan oleh ahli materi pembelajaran yaitu 4,8 (sangat valid). Hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli media pembelajaran yaitu 4,7 (sangat valid). Hasil penilaian kepraktisan yang dilakukan oleh guru yaitu 97% (sangat baik) dan siswa yaitu 93%  (sangat baik). Disimpulkan bahwa E-LKPD Berbasis HOTS Dengan Liveworksheet layak digunakan. Implikasi pnelitian E-LKPD dapat membantu siswa belajar IPA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...