Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Vol 3, No 1 (2018)

Pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasaan konsumen

Intan Ratna Sari (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda)
Tetra Hidayati (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda)
Asnawati Asnawati (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan konsumen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden yaitu berasal dari semua konsumen yang pernah berkunjung pada Rumah Makan Tepian Pandan. Metode yang digunakan adalah probability sampling dan non-probability sampling. Uji Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dibuktikan dengan output dimana nilai thitung > ttabel (3,614 > 2,002) dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Nilai Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan output dimana nilai thitung > ttabel (2,171 > 2,002) dengan nilai signifikan 0,034 < 0,05. Kualitas pelayanan dan nilai pelanggan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil ini dibuktikan dengan output dimana nilai Fhitung sebesar 11,427 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Karena nilai Fhitung yang dihasilkan lebih besar dari pada Ftabel (3,16) dan nilai signifikansi yang dihasilkan tersebut lebih kecil dari 0,05.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIMM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Publikasi artikel hasil penelitian bidang Ilmu Manajemen Terbit 4 kali dalam 1 tahun Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis ...