Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM)
Vol 4, No 2 (2019)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA INDUSTRI KECIL DI KOTA SAMARINDA (STUDI KECAMATAN SAMARINDA ILIR)




Article Info

Publish Date
10 Jan 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan, upah, jaminan sosial dan lama kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja di Kota Samarinda.Penelitian ini menggunakan data primer dengan metode penyebaran kuesioner yang diberikan kepada tenaga kerja di Kecamatan Samatinda Ilir pada tahun 2017. Analisis data menggunakan metode analisis regresi linear berganda (Ordinary Least Squares) dengan alat bantu SPSS (Statistical Program for Social Science) versi 23.0.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) variabel pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja di Kota Samarinda, (2) variabel upah berpengaruh signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja di Kota Samarinda, (3) variabel jaminan sosial berpengaruh signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja di Kota Samarinda, (4) variabel lama kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap produktivitasa tenaga kerja di Kota Samarinda.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIEM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Publikasi artikel hasil penelitian bidang Ilmu Ekonomi. Terbit 4 kali dalam 1 tahun. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis ...