Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan video animasi sebagai pendukung Gerakan Riang Literasi Budaya (GeRiLYa) yang layak, praktis dan efektif dalam pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode Research & Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan 4-D, dengan 4 tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perencanaan tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Gerakan Riang Literasi Budaya dengan Inovasi Video Animasi ini diharapkan dapat menumbuhlestarikan cinta literasi budaya kearifan lokal serta mendekatkan peserta didik pada jiwa nasionalisme. Hasil uji instrumen penelitian menunjukkan bahwa rumusan soal dan media layak untuk digunakan serta hasil posttest siswa setelah diaplikasikannya media sudah melewati batas KKM (75) yaitu dengan rata-rata kelas nilai posttest yaitu 76,84 (di atas KKM) yang menunjukkan peserta didik telah tuntas secara klasikal.
Copyrights © 2022