JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Vol 7, No 2 (2022): VOLUME 7 NUMBER 2 SEPTEMBER 2022

Gerakan Riang Literasi Budaya dengan Inovasi Video Animasi

Dedek Kurniawati (SMP Negeri 16 Satap Sungai Raya)
Siti Nur Asmah (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat)
Nizarrahmadi Nizarrahmadi (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan video animasi sebagai pendukung Gerakan Riang Literasi Budaya (GeRiLYa) yang layak, praktis dan efektif dalam pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode Research & Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan 4-D, dengan 4 tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perencanaan tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Gerakan Riang Literasi Budaya dengan Inovasi Video Animasi ini diharapkan dapat menumbuhlestarikan cinta literasi budaya kearifan lokal serta mendekatkan peserta didik pada jiwa nasionalisme. Hasil uji instrumen penelitian menunjukkan bahwa rumusan soal dan media layak untuk digunakan serta hasil posttest siswa setelah diaplikasikannya media sudah melewati batas KKM (75) yaitu dengan rata-rata kelas nilai posttest yaitu 76,84 (di atas KKM) yang menunjukkan peserta didik telah tuntas secara klasikal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP-BSI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (JP-BSI), publishes research-based articles in the field of language, literature, and learning. It is published twice a year, namely in March and September. The scopes of the topics include, but not limited to: 1) Foreign language learning, Indonesian ...