Modul adalah salah satu sumber belajar. Oleh karena itu perlu disusun suatu modul yang dapat digunakan secara mudah dan praktis. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul (modul digital) matematika dengan heyzine yang valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Desain pengembangan yang digunakan adalah Model Plomp. Adapun tahapan-tahapan dalam pengembangan yaitu: penelitian awal, fase pengembangan, dan fase penilaian. Uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas XI SMK N 1 Denpasar. Hasil pengembangan e-modul menunjukkan rata-rata skor dari tiga validator sebesar 85% yang masuk dalam kategori sangat valid. Hal ini berarti e-modul yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran oleh guru dan siswa. Hasil uji kepraktisan dari sisi siswa menunjukkan angka sebesar 90% dan dari sisi guru sebesar 96% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil evaluasi dengan melihat hasil belajar siswa menunjukkan semua siswa tuntas dengan nilai di atas KKM yaitu 76 sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul logika matematika sangat efektif. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dihasilkan valid, praktis, dan efektif. Kelebihan e-modul yang dikembangkan adalah e-modul dilengkapi dengan soal online melalui tautan yang diberikan, sehingga dapat memberikan umpan balik secara langsung pada siswa.
Copyrights © 2022