Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech)
Vol 5 No 2 (2022): Agustus

Konsep Harta: Penentuan Keuntungan Green Sukuk Pemicu Impact Investment SDGs

Achmad Affandi (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Unsiq)
Nurma Khusna Khanifa (Fakultas Syari`ah dan Hukum Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan isu strategis yang hari ini selalu diperbincangkan. Dalam menyongsong era tersebut di Indonesia memiliki instrument keuangan Islam di pasar modal syari`ah yang sesui dengan SDGs saat ini yaitu green sukuk. Green Sukuk sendiri investasi yang menjanjikan tanpa adanya kerugian karena dijamin oleh pemerintah. Perlindungan investor sangat diperhatikan sehingga minat pembelian sukuk cukup tinggi. Sukuk menghadirkan keuntungan tersendiri baik dari sisi financial berupa sewa, mark-up dan bagi hasil kerjasama sesuai dengan akad yang dipilih. Green sukuk ritel menjadi impact investment yang pertama sekaligus menunjukkan komitmen dan kontribusi Pemerintah dalam mengembangkan pasar keuangan syariah serta mengatasi perubahan iklim, yang diwujudkan melalui penerbitan instrumen pembiayaan yang inovatif dan berkelanjutan. Green sukuk memiliki kontribusi di dalam SDGs antara lain Goal 1 (No Poverty), Goal 2 (Zero Hunger) of Goal 3 (Good Health and Well-Being), Goal 5 (Gender Equality), Goal 6 (Clean Water and Sanitation for All), Goal 7 (Affordable and Clean Energy), Goal 8 (Decent Work and Economic Growth), Goal 9 (Industry, Innovation, and Infrastructure), Goal 10 (Reduced Inequalities), Goal 11 (Sustainable Cities and Communities),and Goal 13 (Climate Action). Sehingga green sukuk, secara tidak langsung menarik para investor untuk andil berkontribusi membangun negara Indonesia. Tidak heran jika green sukuk masuk dalam kategori harta mutaqawwim terhindar dari unsur riba, gharar dan maysir.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jematech

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) is a scientific journal published by the Faculty of Economics Qur’anic Science University (UNSIQ) Wonosobo, Indonesia since 2018. JEMATech scope is the science of economics, management, accounting and Technology with ISSN ...