Kelola: Journal of Islamic Education Management
Vol 7, No 2 (2022): Kelola: Journal of Islamic Education Management

AKTUALISASI KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING

Nurhayati Nurhayati (IAIN Palopo)
Munir Yusuf (IAIN Palopo)
Ahmad Syarief Iskandar (IAIN Palopo)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah: 1)  mendeskripsikan  bentuk kerja sama orang tua dan guru dalam   pembelajaran Blended Learning,   2) mengetahui faktor yang mempengaruhi kerja sama orang tua dan guru dalam  pembelajaran Blended Learning  3) mengetahui dampak kerjasama orang tua dan guru dalam peningkatan  proses pembelajaran Blended Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru dan orang tua peserta didik SMP Negeri 1 Tomoni. Dalam pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menyarankan bahwa: 1) Penyediaan fasilitas dan aplikasi pembelajaran, pendampingan dan monitoring dalam pembelajaran merupakan bentuk utama kerjasama antara pengajar dan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Kesiapan pengajar, siswa, dan orang tua, serta komunikasi antara guru dan orang tua, merupakan faktor yang mempengaruhi kerjasama orang tua dan guru dalam proses pembelajaran Blended Learning. 3) Karena orang tua mengawasi anak-anak mereka, kemitraan guru dan orang tua dalam pembelajaran campuran menghasilkan hasil belajar yang lebih baik. Orang tua bangga dengan anaknya karena bisa belajar sendiri dan disiplin dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Selain itu, orang tua memiliki pengaruh langsung terhadap keyakinan agama anak-anak mereka.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kelola

Publisher

Subject

Education Other

Description

is a journal that supports discussion and learning in Islamic education management. This journal, published twice in Kelola, accepts published from all management educators who are approved to reflect on their professional practice and to facilitate readers in exploring what or how to teach students ...