Counselia: Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam
Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam

PENDAMPINGAN UNTUK MENINGKATKAN SELF-ACCEPTANCE PADA PESERTA DIDIK

Syifa Nur Fadila (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2021

Abstract

Isi artikel ini mencakup upaya pendampingan pada peserta didik sebagai upaya untuk meningkatkan self-acceptence, Self-Acceptence merupakan keadaan dimana seorang individu memiliki penilaian positif terhadap dirinya, serta mengakui segala kelebihan maupun segala keterbatasan yang ada di dalam dirinya tanpa malu atau memilki perasaan bersalah terhadap kodrat dirinya. Upaya pendampingan ini menggunakan intervensi yang memanfaatkan teknik realitas WDEPC. Teknik ini berfokus pada kondisi klien saat ini serta menekankan kekuatan klien dan mendorong klien untuk mampu mengembangkan tingkah lakunya yang lebih realistic. Metode yang dilakukan merujuk pada jenis penelitian deskriptif-kualitatif menggunakan pendekatan fenomenologi dengan melakukan pendampingan langsung terhadap peserta didik yang kurang memiliki self-acceptence.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cs

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Aim and Scope Counselia, Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam is articles on practice, theory, and research in Islamic educational guidance and ...