Counselia: Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam
Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam

PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 INDRAMAYU: Volume 3 No 2 Juli 2022

Didik Himmawan (Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra)
Evi Aeni Rufaedah (Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra)
Siti Carsinah (Mahasiswa BKPI Universitas Wiralodra)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2022

Abstract

Belajar merupakan kegiatan pokok dalam proses pendidikan di sekolah. Belajar adalah usaha yang dilakukan secara sadar untuk merubah sikap dan tingkah lakunya. Upaya mencapai perubahan tingkah laku dibutuhkan motivasi, motivasi merupakan salah satu faktor yang mendorong siswa untuk mau belajar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bimbingan kelompok sebelum dan sesudah diberikan layanan dan mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Adapun jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif model eksperimen dengan variabel bebas dan variabel terikat. Pada penelitian ini menggunakan populasi dari kelas VIII dengan sampel 30 siswa. Model eksperimen yaitu The randomized pretest-posttest control group design pengumpulan data menggunakan instrument skala sikap dan analisis menggunakan ANOVA dua jalur melalui software di program SPSS. Adapun kesimpulan pada penelitian dengan nilai 4, 113 < 4, 20 menunjukkan hasil tidak adanya pengaruh secara signifikan dari layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cs

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Aim and Scope Counselia, Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam is articles on practice, theory, and research in Islamic educational guidance and ...