Jurnal Basicedu
Vol 6, No 6 (2022): December 2022

Media Pembelajaran Audio Visual Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar IPS Masa Pandemi

Waddi Fatimah (Universitas Megarezky)
Abdul Malik Iskandar (Universitas Megarezky)
Perawati Bte Abustang (Universitas Megarezky)
Mika Silva Rosarti (Universitas Megarezky)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2022

Abstract

Salah satu jenis media pembelajaran yang digunakan  dimasa pandemi adalah audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran audio visual pengaruhnya terhadap hasil belajar IPS masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif  yang digolongkan  kedalam penelitian  eksperimen jenis pre experimental dengan desain one group pretest posstest design. Sampel dalam penelitian ini semua siswa kelas V SD Inpres Bangkala III Kota Makassar yang  terdiri dari 26 siswa. Instrumen yang  digunakan dalam penelitian terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes  hasil belajar dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriftif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata  hasil belajar IPS siswa melalui media pembelajaran audio visual masa pandemi adalah 80,92 berada pada kategori baik.  Hasil uji  prasyarat terdiri dari hasil uji normalitas pretest 0,220 ≥ 0,05 dan posttest 0,946 ≥ 0,05 berdistribusi normal, hasil uji homogenitas 0,194 ≥  0,05 (homogen)  dan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig 0,000 dengan kriteria Sig (0,000) ≤  α (0,05). Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap hasill  belajar IPS masa pandemi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...