Open Science and Technology
Vol. 1 No. 2 (2021): Open Science and Technology

Analisis Drag Force dan Aliran Fluida pada Desain Mobil Listrik Green Campus UNILA Berdasarkan Kecepatan: Drag Force and Fluid Flow Analysis at UNILA Green Campus Electric Car Design Based on Velocity

Akhmad Riszal (Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Lampung, Indonesia)
Martinus (Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Lampung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2021

Abstract

Penggunaan energi fosil sangat berpengaruh terhadap keberlanjutan lingkungan. Sehingga kita harus mempunyai komitmen untuk mengurangi konsumsi bahan bakar fosil untuk menjaga lingkungan yang berkelanjutan. Hal ini senada dengan komitmen Universitas Lampung (UNILA) dalam menjadikan kampus Unila sebagai Green Campus. Pada tahun 2019, Unila mendapat peringkat ke 18 Nasional Ranking UI Green Matric. Salah satu teknologi yang dapat dikembangkan dalam menekan emisi lingkungan kampus adalah penggunaan mobil listrik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis drag force dan fenomena aliran fluida yang melewati body kendaraan dalam kajian aerodinamika terutama fenomena sparasi aliran dan terjadinya wake. Kecepatan yang akan disimulasikan pada kecepatan 10, 20, 30, 40, 50, 60 km/h. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan Komputasi numerik di Lab Teknik Mesin UNILA. Penelitian ini menggunakan Software Ansys Workbench 2020 R1 dengan CFD (Computational Fluid Dynamics) Solver. kemudian metode yang digunakan dalam simulasi numerik ini menggunakan metode turbulen k-epsilon realizable standard wall function. Penelitian ini menunjukkan terjadinya kenaikan drag pada setiap variasi kecepatan, hal ini dikarenakan banyaknya sparasi aliran dan adanya wake yang mempengaruhi drag force. The use of fossil fuel energy is very influential on environmental sustainability. And than we must have a commitment to reduce the consumption of fossil fuels to maintain a sustainable environment. This is in line with the commitment of the University of Lampung (UNILA) in making the Unila Green Campus. In 2019, Unila was ranked 18th in the UI Green Matric National Ranking. One of the technologies that can be developed to reduce emissions in campus area is the use of electric car. The purpose of this study is to analyze the drag force and the phenomenon of fluid flow passing through the vehicle body in aerodynamic studies, especially the phenomenon of flow separation and the occurrence of wakes. Velocity to be simulated at velocity of 10, 20, 30, 40, 50, 60 km/h. This research uses Research and Development (R&D) research with Numerical Computing at the UNILA Mechanical Engineering Lab. This research uses Ansys Workbench 2020 R1 software with CFD (Computational Fluid Dynamics) Solver. The method used in this numerical simulation uses the turbulent k-epsilon realizable standard wall function method. This study shows an increase in drag at each velocity variation, this is due to the large number of flow separations and the presence of wakes that affect drag force.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Environmental Science Mechanical Engineering

Description

Open Science and Technology diterbitkan oleh Research and Social Study Institute sebagai sarana untuk mempublikasikan hasil penelitian, artikel review dari peneliti-peneliti dibidang Ilmu alam, Ilmu pertanian, ilmu Kehutanan, Ilmu Keteknikan, Teknologi, dan Aplikasinya. Jurnal ini terbit dua kali ...