Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 2 No 1 (2021): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP DI SD NEGERI 06 PAYARAMAN

Septi Indasari (UIN Raden Fatah)
Ahmad Syarifuddin (UIN Raden Fatah)
Tastin Tastin (UIN Raden Fatah)
Faisal Faisal (UIN Raden Fatah)
Ines Tasya Jadidah (UIN Raden Fatah)



Article Info

Publish Date
01 Jan 1970

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui efektivitas pembelajaran daring menggunakan aplikasi whatsApp di SD Negeri 06 Payaraman, Problematika pembelajaran daring menggunakan aplikasi whatsApp di SD Negeri 06 Payaraman dan upaya guru agar pembelajaran daring menggunakan aplikasi whatsApp berjalan secara efektif di SD Negeri 06 Payaraman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan : Proses pembelajaran daring yang menggunakan aplikasi whatsApp dimulai dengan guru mengucapkan salam lalu dilanjutkan berdoa bersama siswa dan guru mengecek kehadiran siswa selanjutnya penyampaian materi dan pemberian tugas harian lalu diakhiri dengan salam penutup dan guru memberikan tugas rumah. Selanjutnya problematika yang di hadapi guru pada pembelajaran daring menggunakan aplikasi whatsApp yang membuat tidak efektif yaitu guru merasa kesulitan dalam mengelola pembelajaran agar siswa tetap aktif dan mampu menerima materi dengan baik, selanjutnya guru juga merasa kesulitan melakukan penilaian selama pembelajaran daring. Guru khawatir nilai yang diberikan tidak sebanding dengan kemampuan siswa tersebut. Serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika yang dihadapi guru yaitu memperjelas tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan dilakukan diskusi melalui grup kelas untuk menilai keaktifan siswa saat mengiktui pembelajaran daring.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

limaspgmi

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel penelitian dan studi kasus yang berfokus pada pendidikan dasar. Ruang lingkup Limas PGMI adalah: 1. Pengembangan Kurikulum di Pendidikan Dasar (MI/SD) 2. Pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PKn, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Islam, Seni dan Muatan ...