Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 5, No 9 (2022): Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN BAGI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI DESA KARANGREJO KECAMATAN MANYAR KABUPATEN GRESIK

Dewi Puspita Sari (Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Kanjeng Sepuh Gresik Jawa Timur)
Nurul Istifadhoh (Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Kanjeng Sepuh Gresik Jawa Timur)
Wiwik Saidatur Rolianah (Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Kanjeng Sepuh Gresik Jawa Timur)
Kholid Albar (Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Kanjeng Sepuh Gresik Jawa Timur)
Muhlis Muhlis (Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Kanjeng Sepuh Gresik Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2022

Abstract

Digital Marketing adalah suatu kegiatan pencarian pasar serta promosi atau pemasaran suatu produk atau merek menggunakan media digital secara online. Pelatihan ini dengan tujuan guna menambah pemahaman, keterampilan dan wawasan para peserta pelatihan UMKM mengenai pemasaran digital (Digital Marketing). Terutama sosial media sebagai sarana untuk meningkatkan keuntungan serta penjualan. Peserta pelatihan tersebut dihadiri oleh pelaku UMKM desa karangrejo, metode yang dipakai pada pelatihan sebagai berikut : pertama, metode ceramah. Metode ini lebih banyak digunakan untuk strategi menyampaikan materi sesuai dengan tujuan pelatihan yang dijelaskan secara terinci oleh narasumber. Apa yag dibahas tentu saja tergantung pada topik materi yang dibahas. Kedua, diskusi serta berbagai pengalaman. Terakhir, memberikan praktik secara langsung pembuatan akun pada peserta pelatihan disertai dengan tutorial. Media digital yang digunakan yaitu akun bisnis yang terdapat dimedia sosial seperti GoogleBisnis. Hasil yang didapatkan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut bahwa minimnya pengetahuan para peserta UMKM tentang digital marketing serta kegiatan pemasaran yang dilakukan masih sangat tradisional. namun terdapat beberapa peserta yang sudah menggunakan sosial media untuk promosi produk UMKM, tetapi tidak memisahkan akun bisnis dan akun pribadinya, dan beberapa peserta yang lainnya belum menggunakan sosial media sebagai media promosi sebab terbatasnya teknologi.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

martabe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Martabe Journal -Jurnal Pengabdian Masyarakat, published by Institute of Research and Community Service Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. This journal contains the results of publication lecturers to the community of agrokompleks, Teacher Training and Science of teknosains, and sosbudkum ...