Integrasi Teknologi Informasi (TI) dalam pembelajaran Bahasa Inggris menjadi salah satu inovasi yang dihadirkan sebagai cara untuk mengikuti perkembangan zaman dan arus media serta informasi. Hal ini memberikan tuntutan besar kepada para pengajar Bahasa Inggris untuk bisa menangkap peluang besar ini, yang sekaligus bisa menjadi tantangan di sisi lain. Salah satu aspek pentingnya adalah manajemen kelas Bahasa Inggris berbantuan TI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Manajemen manajemen kelas yang diaplikasikan oleh guru dalam pembelajaran Bahasa Inggris berbantuan TI. Penelitian akan dilakukan di beberapa Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Majene. Penelitian ini akan menggunakan model penelitian deskriptif yaitu mencari gambaran tentang bagaimana manajemen kelas yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran bahasa inggris berbantuan Teknologi Informasi (TI) dengan sumber data yang diperoleh melalui observasi, interview, studi dokumen. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi untuk hasil observasi dan interview. Target penelitian ini adalah untuk menemukan pola manajemen kelas yang digunakan oleh guru beserta persepsi siswa untuk bisa dilakukakan analisis lebih jauh. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas yang diaplikasikan oleh guru Bahasa Inggris pada kelas berbantuan komputer di Kabupaten Majene meliputi; a) Manajemen kondisi fisik kelas, b) Manajemen tingkah laku siswa dan c) manajemen komunikasi dan interaksi guru-siswa/siswa-siswa, dan (d) Manajemen Waktu
Copyrights © 2018