EBISMEN Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Vol. 1 No. 3 (2022): September: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen

PENGARUH KEJELASAN SASARAN ANGGARAN DAN PENERAPAN AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH : (Studi Empiris Pada OPD Kabupaten Solok)

Siska Septiani (Universitas Mahaputra Muhammad Yamin)
Siska Yulia Defitri (Universitas Mahaputra Muhammad Yamin)
Juita Sukraini (Universitas Mahaputra Muhammad Yamin)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kejelasan Sasaran Anggaran (X1) Terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Y), Pengaruh Penerapan Akuntansi Sektor Pubik (X2) Terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Y). Pengaruh secara simultan Kejelasan Sasaran Anggaran (X1) dan Penerapan Akuntansi Sektor Publik (X2) Terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kejelasan Sasaran Anggaran (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Y). Hasil ini dibuktikan dengan thitung sebesar 1,033 < 1,669 dan nilai signifikasi t sebesar 0,306 > 0,05. sedangkan Penerapan Akuntansi Sektor Publik (X2) berpengaruh terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Y). Hasil ini dibuktikan dengan thitung sebesar 6,657 > 1,669 dan nilai signifikasi t sebesar 0,000 < 0,05. Setelah itu, Kejelasan Sasaran Anggaran (X1) dan Penerapan Akuntansi Sektor Publik (X2), berpengaruh secara simultan terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Y). Hasil ini dibuktikan dengan sebesar 36,903 > 2,75. dan nilai signifikasi F sebesar 0,000 < 0,05.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EBISMEN

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Maritim AMNI Semarang. Jurnal ini adalah Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk sub rumpun Ekonomi Bisnis Dan ...