Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 10, No 1 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Quantum Teaching dengan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn tentang Bersatu dalam Keberagaman pada Siswa Kelas III SD Negeri Jatimalang Tahun Ajaran 2021/2022

Rizky Eka Oktavia (Unknown)
Wahyudi Wahyudi (Unknown)
Tri Saptuti Susiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar PPKn tentang bersatu dalam keberagaman pada siswa kelas III melalui penerapan model Quantum Teaching dengan multimedia. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas III SDN Jatimalang. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pembelajaran PPKn tentang bersatu dalam keberagaman dengan model Quantum Teaching dengan multimedia, persentase ketuntasan belajar siswa siklus I sebesar 86,96%, pada siklus IIĀ  sebesar 89,13%, dan pada siklus III sebesar 95,65%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Quantum Teaching dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar PPKn tentang bersatu dalam keberagaman pada siswa kelas III SDN Jatimalang tahun ajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...