Peka : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR Pekanbaru
Vol. 4 No. 2 (2016): Desember

IMPLEMENTASI PENDEKATAN PAIKEM TIPE DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DI MTS DESA KUALU KECAMATAN TAMBANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Nurvi Silvia (Unknown)
Tity Hastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII MTs Desa Kualu melalui implementasi pendekatan PAIKEM tipe debat aktif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Febuari-Maret 2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Desa Kualu tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 27 orang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan lembar evaluasi siswa untuk melihat hasil belajar. Lembar evaluasi siswa yaitu berkategori baik mencapai 81,5%. Aktivitas guru sudah mencapai sangat sempurna pada aktivitasnya. Aktivitas siswa mencapai 91,11% yang berkategori sangat tinggi. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pendekatan PAIKEM tipe debat aktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Desa Kualu tahun ajaran 2014/2015. Kata Kunci: Pendekatan PAIKEM Tipe Debat Aktif, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Peka

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Peka bertujuan untuk menggali dan menerbitkan tulisan tentang isu-isu terkini terkait dengan pengajaran dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi baik pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan ...