Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 1 No. 1 (2020): JIPBSI

ANALISIS TOKOH DAN PENOKOHAN DALAM NOVEL “KENANGA” KARYA OKA RUSMINI

Made Dyah Rusmayanthi (Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar)
IGA. Putu Tuti Indrawati (Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar)
Ida Ayu Made Wedasuwari (Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui tokoh utama dan tokoh utama tambahan, serta pelukisan penokohan tokoh utama dan tokoh utana tambahan dalam novel “Kenanga” karya Oka Rusmini. Pengumpulan data dilakukan dengan metode baca dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tokoh utama dalam novel yang diteliti adalah Kenanga, sedangkan untuk tokoh utama tambahan adalah Intan dan Bhuana. (2) Terdapat enam teknik pelukisan penokohan pada tokoh utama yang mendominasi dalam novel “Kenanga”, yaitu (a) teknik ekspositori, (b) teknik cakapan, (c) teknik tingkah laku, (d) teknik reaksi tokoh, (e) teknik reaksi tokoh lain, (f) teknik pelukisan latar. Sedangkan pada tokoh utama tambahan terdapat lima teknik pelukisan penokohan yang mendominasi, yaitu (a) teknik ekspositori, (b) teknik cakapan, (c) teknik tingkah laku, (d) teknik reaksi tokoh, (e) teknik reaksi tokoh lain.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipbsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JIPBSI terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan September. JIPBSI memuat artikel hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Tujuan diterbitkannya JIPBSI adalah sebagai medium mempublikasikan hasil peneitian yang memberikan dampak dan manfaat dalam ...