Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 1 No. 1 (2020): JIPBSI

PENGARUH SIKAP BAHASA SISWA KELAS XI TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMAK HARAPAN DENPASAR TAHUN AJARAN 2018/2019

Ana Rohaidatul Aisi (Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar)
I Nyoman Adi Susrawan (Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar)
IGA. Putu Tuti Indrawati (Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeristas Mahasaraswati Denpasar)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Sikap Bahasa Siswa Kelas XI Terhadap Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAK Harapan Denpasar Tahun Ajaran 2018/2019 yang bertujuan (1) Mendeskripsikan sikap bahasa siswa SMAK Harapan Denpasar (2) dan Pengaruh sikap bahasa siswa terhadap proses pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif dengan teknik angket dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAK Harapan Denpasar Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 100 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI SMAK Harapan Denpasar memiliki sikap positif terhadap bahasa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari angket yang disebar kepada 100 orang siswa berdasarkan indeks akumulasi sebesar 96% berdasarkan aspek (1) kebanggaan menggunakan bahasa Indonesia, 71% berdasarkan aspek (2) adanya Kesetiaan menggunakan bahasa Indonesia, dan 87% berdasarkan aspek (3) adanya sikap kesadaran akan norma bahasa. Berdasarkan hasil angket kuesioner dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti. Siswa kelas XI SMAK Harapan Denpasar secara aktif dan penuh antusias mengikuti kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia. Siswa terlibat dalam kegiatan diskusi, mengemukakan pendapat, maupun memberi pertanyaan ataupun jawaban dengan menggunakan bahasa Indonesia. Berdasarkan analisis yang diperoleh menunjukkan adanya hubungan antara sikap bahasa siswa dengan proses pembelajaran bahasa Indonesia. Sikap yang positif siswa akan berdampak pada proses pembelajaran yang berlangsung. Semakin positif sikap siswa terhadap bahasa Indonesia, maka semakin baik pula proses pembelajaran yang dilakukan hingga tecapainya tujuan dari proses pembelajaran bahasa Indonesia

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipbsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JIPBSI terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan September. JIPBSI memuat artikel hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Tujuan diterbitkannya JIPBSI adalah sebagai medium mempublikasikan hasil peneitian yang memberikan dampak dan manfaat dalam ...