Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 5 No. 2 (2022): JIPBSI

ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL HAFALAN SHOLAT DELISA KARYA TERE LIYE

Hironimus R. Japung (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar)
Ida Ayu Made Wedasuwari (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar)
I Komang Widana Putra (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2022

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah bertujuan mendeskripsikan psikologi sastra dalam novel Hafalan Shalat Delisa serta nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Hafalan Shalat Delisa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, dan kalimat yang terdapat dalam novel Hafalat Shalat Delisa. Sumber data adalah novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye, yang diterbitkan Republika. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode kepustakaan. Hasil analisis menunjukan terdapat aspek Psikologi Sastra dalamHafalan Shalat Delisa yang berupa Id, Ego dan Superego. Dalam novel Hafalan Shalat Delisa terdapat nilai-nilai pendidikan karakter, di antaranya: pendidikan karakter religius, kejujuran, bersahabat, tanggung jawab, kerja keras, kreatif, peduli sosial, cinta damai, gemar membaca, dan toleransi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipbsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JIPBSI terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan September. JIPBSI memuat artikel hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Tujuan diterbitkannya JIPBSI adalah sebagai medium mempublikasikan hasil peneitian yang memberikan dampak dan manfaat dalam ...