JURNAL TEKNIK INDUSTRI
Vol. 4 No. 3 (2014): Volume 4 No. 3 November 2014

STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS GARMENT DI CV. M2TECH

Didien Suhardini (Unknown)
Dimas Januar Rizki (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2014

Abstract

CV. M2Tech merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri garmendengan brand “Ordinal Apparel” yang memproduksi kaus T-shirt, Raglan, Kid Shirt, danPoloshirt.Data penjualan dalam 2 tahun terakhir menunjukkan kondisi penjualan yangcenderung stagnant.Untuk itu perlu dirumuskan strategipengembangan bisnis denganmenggunakan Business Model Canvas untuk mengevaluasikondisi perusahaan saat ini.Kemudian dilakukan identifikasi faktor internal (Strengths dan Weaknesses) dan eksternal(Opportunities dan Threats) termasuk analisa pesaing menggunakan CPM (CompetitiveProfile Matrix). Penentuan alternatif strategi menggunakan matriksSWOTmenghasilkanstrategi-strategi SO, ST, WO dan WT serta strategi berasal dari matriks Internal Eksternal.Pemilihan strategi terbaik menggunakan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix)menghasilkan 5 strategiterbaik yang dapat digunakan oleh perusahaan antara lain ProductDevelopment, Market Penetration, Forward Integration, Management By Objective, danLearning & Development.Pada tahap implementasi dilakukan validasi keinginan dankebutuhan pelanggan dengan Javelin Experiment Board danBusiness Model CanvasPengembangan, kemudian ditetapkan tujuan jangka panjang, kebijakan serta strukturorganisasi yang diperlukan, dan Business Plan.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

tekin

Publisher

Subject

Electrical & Electronics Engineering Energy Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Teknik Industri (JTI) mainly focuses on industrial engineering scientific essays in the form of research results, surveys and literature review that are closely related to the Field of Industrial ...