Journal of Geoscience Engineering and Energy (JOGEE)
VOLUME 1, NOMOR 1, FEBRUARI 2020

Analisis Litofasies dan Provenance FDI Gumelar, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Akmal Lutfi Altuway (Prodi Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, Universitas Trisakti Jl. Kyai Tapa No.1, Jakarta Barat, 11440, Indonesia)
Denny Suwanda Djohor (Prodi Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, Universitas Trisakti Jl. Kyai Tapa No.1, Jakarta Barat, 11440, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2020

Abstract

Formasi Tapak merupakan hasil dari aliran turbidit yang memiliki keunikan geologi dalam hal litofasies. Penelitian dilakukan guna mengetahui litofasies, asosiasi litofasies dan provenance pengendapan Formasi Tapak pada daerah penelitian. Pengambilan data menggunakan metode stratigrafi terukur yang kemudian dilakukan analisis sehingga menghasilkan data dan pembahasan dalam aspek stratigrafi dan segitiga provenance di daerah aliran sungai Paningkaban, Kecamatan Gumelar, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Stratigrafi daerah penelitian dapat dikelompokan menjadi tiga satuan batuan. Asosiasi fasies batupasir – batulempung Formasi Tapak, termasuk dalam lithofasies classical turbidite dan massive sandstone. Lithofasies batulempung perselingan batupasir “A”, dan batupasir, diinterpretasikan termasuk dalam lingkungan pengendapan smooth suprafan of portion lobes, dan litofasies batulempung perselingan batupasir “B” diinterpretasikan termasuk dalam lingkungan pengendapan smooth – channelled yang berada pada middle fan. Pada batupasir Formasi Tapak di daerah penelitian, memiliki komposisi batuan yang dominansi oleh kuarsa dan feldspar. Berdasarkan sampel pada batupasir Formasi Tapak Daerah Paningkaban berjenis wacke - arenite berada pada tatanan tektonik recycle orogen.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jogee

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Energy Industrial & Manufacturing Engineering Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

The main aim of the Journal Geoscience Engineering and Energy (JOGEE) is to provide an open access platform to the articles that resulted of high-quality research works related with the geoscience and energy field. This is open for papers of geology (petrology; volcanology and geothermal; ...