TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 3 No 2 (2022): TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT

Murnihati Sarumaha (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas dan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Critcal Incident. Objek penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 2 Telukdalam dengan jumlah siswa 27 orang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Instrumen penelitian: tes hasil belajar, lembar observasi, angket dan lembar wawancara. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa mencapai rata-rata 62,7% (belum mencapai KKM) dan pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar kognitif siswa mencapai 81,4%. Hal ini dikarenakan dengan menerapkan strategi pembelajaran Critical Incident siswa lebih terlibat aktif dalam pembelajaran, lebih memahami konsep materi dengan baik, daya analisis siswa terhadap masalah meningkat dan pembelajaran kelompok yang dilaksanakan membuat siswa lebih terbuka dalam menyampaikan ide-ide baru. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Critical Incident dapat menumbuhkan rasa ingin tahu siswa dalam kegiatan pembelajaran serta dapat membangkitkan motivasi belajar, dan menjadi aspirasi dalam pengajaran di sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Tunas

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi adalah publikasi berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan pengetahuan di bidang pendidikan biologi. Menerima sumbangan naskah yang belum pernah diterbitkan atau dikirim ke jurnal lain terkait pendidikan biologi dan ilmu biologi dengan topik: ...