Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan RPP dengan Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Media interaktif pada materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar. Pengintegrasian Pendidikan dengan teknologi sangat perlu dilakukan mengingat tuntutan perkembangan zaman sehingga proses pembelajaran dapat dilakukan secara online dan juga offline. Oleh sebab itu diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran tersebut yaitu dengan Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Media interaktif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (Research and development /R&D. Model pengembangan penelitian ini adalah model pengembangan 4D yang pada penelitian hanya sampai 3–D (three D), yang terdiri dari 3 tahap dan melalui tahapan revisi oleh para ahli/praktisi. Pada pengembangan terdiri tahap validitas, tahap pratikalitas dan tahap efektifitas. Pada tahap validitas dimana RPP dan media interaktif ini akan divalidasi oleh 2 ahli yaitu ahli materi dan desain Berdasarkan pengembangan pembelajaran pembelajaran Flipped Classroom berbantuan media interaktif pada materi bangun ruang kelas V SD yang telah dilakukan maka dapat diperoleh kesimpulkan bahwa Kevalidan RPP pada kategori valid dan media interaktif dengan nilai validitas dari aspek materi dan desain yaitu 95% dengan kategori sangat valid. Hal tersebut menunjukan bahwa pembelajaran Flipped Classroom berbantuan media interaktif pada materi bangun ruang kelas V SD yang dikembangkan sudah dapat digunakan untuk mengukur apa yang seharusnya diukur.
Copyrights © 2022