Adl Islamic Economic
Vol 2 No 1 (2021): Adl Islamic Economic: Jurnal Kajian Ekonomi Islam - Mei 2021

PENGARUH PENDAPATAN TERHADAP KESEJAHTERAAN PETERNAK WALET MENURUT PERSPEKTIF ISLAM (STUDI KASUS DI DESA SIMPANG TIGA KEC. TULUNG SELAPAN KAB. OKI)

Ivo Chandra (Program Studi Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Al Furqon Prabumulih)
M Robby Kaharudin (Program Studi Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Al Furqon Prabumulih)



Article Info

Publish Date
26 May 2021

Abstract

Kesejahteraan keluarga bagi manusia merupakan dasar sekaligus tujuan utama dari syariat islam (mashlahah al-ibad). Dalam mencapai kesejahteraan keluarga kepala keluarga perlu memenuhi indikator-indikator kesejahteraan tersebut. Salah satunya adalah pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendapatan terhadap kesejahteraan peternak walet menurut perspektif Islam yang terjadi di Desa Simpang tiga Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner yang menggunakan skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 110 Peternak sarang burung wallet di Desa Simpang Tiga Kecamatan Tulung selapang Kabupaten Ogan komering Ilir. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 86 sampel dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berdasarkan Random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan yang terdiri dari indikator tingkat pendidikan, alokasi jam, pengalaman kerja dan harga barang berpengaruh positif signifikan terhadap kesejahteraan peternak walet Desa Simpang tiga Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir dengan nilai (13,395 dan p value (Sig) sebesar 0,000 ˂ 0,05.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

adl

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Adl Islamic Economic (E. ISSN 2723-1771, P. ISSN 2722-2810) is an electronic scientific journal published print out and online once six a month (Mei and November). Adl Islamic Economic aims to improve the quality of research and development of Islamic economics. Adl Islamic Economic received the ...