Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 1, No 1 (2013)

ENGLISH TEXTBOOK AND STUDENT WORKSHEET USED FOR ENGLISH SUBJECT FOR THE SEVENTH GRADE STUDENTS IN SMP NEGERI 3 SINGARAJA IN THE ACADEMIC YEAR 2013/2014: AN ANALYSIS FROM THEORIES, TEACHERS’ AND STUDENTS’ PERCEPTION

., Gusti Agung Ayu Made Indah Pradnyawati (Unknown)
., Dra. Luh Putu Artini, MA., Ph.D. (Unknown)
., Kadek Sonia Piscayanti, S.Pd. (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2013

Abstract

Penelitian ini dilaksankan untuk mengidentifikasi tentang buku ajar dan LKS Bahasa Inggris yang digunakan untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2013/2014 sebagai materi pembelajaran yang baik berdasarkan analisis teori, persepsi guru dan siswa dan juga untuk mengidentifikasi perbedaan pandangan tentang kualitas dari buku ajar dan LKS tersebut. Sedangkan, subyek penelitian ini adalah 2 orang penelaah ahli (mereka adalah 2 dosen dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNDIKSHA), 2 orang penelaah pengguna (dalam hal ini 2 guru pengajar kelas 7 di SMP Negeri 3 Singaraja) dan pengguna (100 siswa yang dipilih dari selurus siswa kelas 7 di SMP Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2013/2014). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan dilakukan diluar pelajaran dalam kelas. Data dikumpulkan melalui pengisian ceklist oleh kedua penilai, pengisian kuesioner oleh guru dan siswa. Data yang diperoleh merupakan hasil ceklist dari para ahli, dan kuesioner dari pengguna. Lalu data-data tersebut dianalisis dan disampaikan secara deskriptif. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa buku ajar dan LKS Bahasa Inggris yang digunakan di SMP Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2013/2014 telah memenuhi kriteria dari materi pembelajaran yang baik yang dibuat oleh Nitiasih, dkk. (2010). Berdasarkan persepsi dari ahli, guru dan siswa, hasilnya menunjukkan bahwa materi pembelajaran ini “Baik” untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Akan tetapi, seperti Sharma (2008) katakan bahwa terdapat 4 faktor yang memepengaruhi persepsi seseorang seperti: diri sendiri, situasi dan lingkungan, pengalaman, dan juga keinginan dan harapan seseorang. Itulah yang memunculkan perbedaan persepsi pada beberapa aspek diantara para ahli, guru dan siswa. Ini menunjukkan adanya penilaian subyektifitas karena pandangan yang menyebabkan persepsi pribadi sesorang. Sehingga, sangatlah diperlukan agar guru memiliki kemampuan dan kewenangan untuk melaksanakan pembelajaran dengan kualitas baik. Itu dapat dilakukan dengan memiliki acuan untuk memilih dan menggunakan materi pembelajaran yang baik bagi siswanya. Kata Kunci : materi pembelajaran, buku ajar, LKS, persepsi, dan perbedaan pandangan This study was conducted to identify about the English Textbook and Student worksheet used in SMP Negeri 3 Singaraja in the academic year of 2013/2014 as good learning materials according to the theories, teachers’ and students’ perception and also to find out the discrepancy in the perceptions about quality of the textbook and student worksheet. The subjects of this study were two expert judges (they were 2 lecturers of English Education Department of UNDIKSHA), two user judges (they were 2 teachers who taught the seventh grade students at SMP Negeri 3 Singaraja) and users (100 students of the seventh grade students at SMP Negeri 3 Singaraja in the academic year of 2013/2014). This study was a qualitative study and was conducted outside of the classroom. The data were obtained through filling the checklist by both judges and the questionnaires for user judges and users. The data collected were the result of judges’ checklist and users’ questionnaire. Then, the data obtained were descriptively analyzed. The findings of the study showed the English Textbook and Students Worksheet used in SMP Negeri 3 Singaraja in the academic year of 2013/2014 met the criteria of a good material according to theories proposed by Nitiasih et.al (2010). According to the two experts, teachers and students, the result showed those learning materials were “Good” to be used for teaching English. However, as Sharma (2008) said there were four factors affecting personal perception, such as: the perceiver itself, the situation and environment, past experience, and also the personal target and desire. It made some discrepancies occured between experts, teachers and students. It made there was a demonstration of subjectivity because personal view caused personal perception. Thus, there is a need to equip teachers with ability and the authority to do effort in the attempt to established good quality learning. It could be done by having guidance to select and use good learning materials to the students. keyword : learning materials, textbook, student worksheet, perception, and discrepancy

Copyrights © 2013