Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter dan implementasinya. Selain itu juga terkait dengan persepsi pembina terhadap karakter antara pelajar yang tidak mengikuti ekstrakurikuler pramuka dengan yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka. Jenis penelitian yang dipakai adalah kualitatif-deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa nilai pendidikan karakter di dapat dari kode kehormatan pramuka dan kegiatan kepramukaan. Implementasi nilai pendidikan karakter dilakukan melalui pendekatan pengalaman, pembiasaan, emosional, rasional, keteladanan, dan fungsional. Metode implementasi nilai pendidikan karakter melalui metode kepramukaan. Terdapat situasi dan kondisi yang mempengaruhi ekstrakurikuler pramuka yaitu kebijakan madarasah, sarana dan prasarana, orang tua dan teman sebaya. Faktor pendorong dan penghambat terdapat pada diri sendiri anggota pramuka (internal) dan luar diri anggota pramuka (eksternal)
Copyrights © 2020