Jurnal Antropologi Sumatera
Vol 17, No 2 (2020): Jurnal Antropologi Sumatera, Juni 2020

Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Pada Pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Medan

Fitrah Habibullah Lubis (Universitas Negeri Medan)
Trisni Andayani (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter dan implementasinya. Selain itu juga terkait dengan persepsi pembina terhadap karakter antara pelajar yang tidak mengikuti ekstrakurikuler pramuka dengan yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka. Jenis penelitian yang dipakai adalah kualitatif-deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa nilai pendidikan karakter di dapat dari kode kehormatan pramuka dan kegiatan kepramukaan. Implementasi nilai pendidikan karakter dilakukan melalui pendekatan pengalaman, pembiasaan, emosional, rasional, keteladanan, dan fungsional. Metode implementasi nilai pendidikan karakter melalui metode kepramukaan. Terdapat situasi dan kondisi yang mempengaruhi ekstrakurikuler pramuka yaitu kebijakan madarasah, sarana dan prasarana, orang tua dan teman sebaya. Faktor pendorong dan penghambat terdapat pada diri sendiri anggota pramuka (internal) dan luar diri anggota pramuka (eksternal)

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Antropologi Sumatera (JAS) dikelola oleh Program Studi Antropologi Sosial Pascasarjana Unimed. Jurnal Antropologi Sumatera, terdiri dari edisi cetak dan on-line, adalah jurnal Ilmu Antropologi yang mengkaji masalah-masalah sosial-budaya, khususnya dalam konteks lokal Sumatera. Kontributor ...