Jurnal Penelitian Mahasiswa Teknik dan Ilmu Komputer (JUPITER)
Vol 1 No 2 (2021): JUPITER : Jurnal Penelitian Mahasiswa Teknik Dan Ilmu Komputer

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN INVENTORI BARANG PADA KOPERASI PRIMKOPTI KABUPATEN CIANJUR

Mohamad Riyan Hidayat (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia)
Riani Lubis (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Primkopti Kabupaten Cianjur merupakan koperasi yang bergerak dibidang penjualan produk barang khususnya bahan baku tempe dan tahu. Permasalahan yang terjadi ialah kesulitan menentukan jumlah permintaan pengadaan barang untuk periode selanjutnya, hal ini dikarenakan jumlah pengadaan barang dilihat dari laporan barang keluar sebelumnya dan perkiraan sehingga sering sekali terjadi stok habis atau berlebih, selanjutnya sulit mengatur penyimpanan stok persediaan barang dengan penitipan barang anggota, dan kesulitan dalam memonitoring barang keluar dan pengambilan penitipan barang, ini terjadi karena jumlah persediaan barang dengan penitipan barang tercampur sehingga tidak diketahui barang mana yang keluar. Solusi yang dilakukan untuk menangani permasalah tersebut ialah dibutuhkanya suatu sistem informasi manajemen inventori barang. Menentukan jumlah pengadaan barang menggunakan metode single exponential smoothing, penyimpanan dan pengeluaran barang menggunakan metode FIFO, manajemen barang menggunakan POAC. Berdasarkan hasil dari pengujian dapat disimpulkan bahwa sistem informasi manajemen inventori barang yang dibangun dapat membantu sekretaris pengurus dalam menentukan jumlah pengadaan barang, mengatur penyimpanan dan penitipan barang serta memonitoring barang keluar dan pengambilan penitipan barang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jupiter

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM). Jupiter diterbitkan secara berkala (2 kali dalam setahun pada bulan Mei dan November) yang bertujuan untuk menyebarluaskan berbagai jenis hasil riset mahasiswa dibidang Teknik dan Ilmu ...