Borobudur Pharmacy Review
Vol 1 No 2 (2021): August-Dec

Tingkat kepuasan pasien umum rawat jalan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Lestari Raharja Kota Magelang

Marisa Dwi Fitria Andini (Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)
Herma Fanani Agusta (Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)
Fitriana Yuliastuti (Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien umum rawat jalan terhadap kualitas pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Lestari Raharja dengan populasi pasien umum non BPJS usia 20-65 tahun menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode servqual (service quality) yang terdiri dari lima dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Data diolah dan dianalisis dengan membandingkan harapan konsumen dengan realita pelayanan informasi obat yang digambarkan dalam bentuk diagram kartesius. AHasil penelitian menunjukkan mayoritas atribut pemetaan pada Kuadran II diagram kartesius dimana responden merasa puas dan menganggap penting beberapa aspek layanan. Secara keseluruhan kualitas pelayanan obat di Instalasi Farmasi rawat jalan RS Lestari Raharja Kota Magelang Periode Maret 2018 termasuk dalam kategori puas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bphr

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

BPHR is a peer-reviewed Journal of Pharmacy Studies published by Universitas Muhammadiyah Magelang. This journal published biannually and provides a forum for publishing the original research articles, review articles, and case study on the scope. This journal is issued twice a year and it is a tool ...