Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas
Vol 8, No 1 (2022): AL-IKHLAS JURNAL PENGABDIAN

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN BAGI GURU MENGGUNAKAN APLIKASI CAMTASIA

Emilius German (Universitas Presiden)
Disa Evawani Lestari (Universitas Presiden)
Grace Amialia A. Neolaka (Universitas Presiden)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2022

Abstract

Pandemi COVID- 19 berdampak pada perubahan dalam banyak aspek termasuk pada perubahan metode pembelajaran, dari tatap muka ke pembelajaran daring. Untuk menjaga kualitas pembelajaran daring, banyak cara yang dilakukan termasuk pengajaran melalui media video. Akan tetapi tidak banyak banyak guru memiliki kemampuan membuat video.Hasil survey awal kegiatan ini menunjukkan lebih dari 50% guru tidak memiliki keahlian membuat video pembelajaran. Karena itu, PKM pelatihan pembuatan video ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan guru dalam membuat video pembelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode Workshop secara daring diimplementasikan. 13 guru SD sampai SMA berpartisipasi dalam workshop ini. Hasil pelatihan ini menunjukan 93% peserta mampu membuat video pembelajaran. Pelatihan ini diharapkan untuk terus dilakukan dengan lebih melibatkan banyak peserta untuk menjaga kualitas pembelajaran secara daring.Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Metode dan Video Pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AIJP

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Health Professions Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal UNISKA bersama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari setiap 2 tahun sekali, ...