JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA
Vol 5 No 2 (2020): Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Nur Afhrija Zahra (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Ersi Mutia Sari (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Wenda Audina (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Husnul Khotimah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nurbaiti Fitri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media animasi dalam proses pembelajaran IPA pada materi organ pencernaan. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 12 orang siswa kelas V MI Ash-Sholihin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan media animasi dalam proses pembelajaran IPA materi organ penernaan pada anak kelas V di MI Ash-Sholihin. Hasil penelitian ini didapatkan dari hasil belajar siswa setelah menggunakan media animasi yang menunjukkan bahwa keefektifan media animasi pada proses pembelajaran IPA materi organ pencernaan di kelas V berada di kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa media animasi dikatakan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran IPA kelas V di MI Ash-Sholihin

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JMT

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi tentang penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, dan Menengah. Hasil penelitian ini ditulis oleh berbagai akademisi pendidikan dari seluruh Indonesia yang mengkaji tentang strategi belajar,pendekatan dan model pembelajaran, psikologi pendidikan, ...