Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)
Vol 6 No 2 (2022): Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar)

Penerapan Metode Global dengan Media PAKABAR Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN 3 Cihonje

Suwarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran muatan Bahasa Indonesia di kelas I SDN 3 Cihonje dengan menerapkan metode Global dan media Pakabar (Papan Kata Bergambar). Sedangkan secara khusus bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa dalam pembelajaran muatan pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas 1 SDN 3 Cihonje. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2021/2022 bertempat di SD Negeri 3 Cihonje. Subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas 1 SDN 3 Cihonje yang berjumlah 16 siswa terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian menggambarkan pada kondisi awal hanya 6 dari 16 siswa atau 37,5% siswa yang tuntas belajar. Pada akhir siklus pertama terjadi peningkatan hasil belajar siswa, yaitu sebanyak 11 dari 16 siswa atau 68,75% siswa tuntas belajar. Dan meningkat lagi pada siklus kedua dengan persentase ketuntasan sebesar 87,5%. Sementara itu untuk skor keterampilan membaca permulaan siswa juga mengalami peningkatan. Dimana pada siklus 1 jumlah siswa yang mampu mendapat predikat minimal baik sebesar 62,5%, meningkat menjadi 81,2% (13 siswa dari 16 siswa). Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah bahwa penerapan metode Global dengan media Pakabar (Papan Kata Bergambar) terbukti mampu meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN 3 Cihonje yang dibuktikan dengan data peningkatan hasil belajar dan skor keterampilan membaca permulaan siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pancar

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar) is a journal comprising a collection or compilation of researches in the field of education either containing innovation research, development research, educational experiments, or Classroom Action Research (PTK) from elementary school level to ...