RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
2020: SPECIAL EDITION

PENGARUH LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN

Albertus Maria Setyastanto (Universitas Indraprasta PGRI)
Endy Grade Tampubolon (Universitas Indraprasta PGRI)
Iramdan Iramdan (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2022

Abstract

Mata kuliah kewirausahaan merupakan mata kuliah wajib dan syarat yang dikategorikan sebagai mata kuliah UPM. Keberhasilan mata kuliah ini harus memiliki nilai 62–100 atau grade C–A. Berdasarkan hasil UTS diketahui nilai mahasiswa di beberapa kelas memiliki nilai rata-rata sebesar 61 atau grade C. Hal ini menandakan bahwa hasil belajar mahasiswa tergolong standar. Hasil belajar yang standar diperlukan tindakan pencegahan agar tidak menurun. Salah satu cara yang dilakukan yaitu mengetahui faktor yang mempengaruhinya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kampus terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kewirausahaan. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan asosiatif di Prodi pendidikan ekonomi Unindra pada semester ganjil 2019/2020. Populasi dan sampel yang didapatkan sebanyak + 376 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online via google form yang di uji validitas dan reliabilitasnya, lalu diolah menggunakan uji regresi linear dan uji hipotesis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan kampus terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kewirausahaan secara signifikan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...